Tips Menghilangkan Ketombe Dengan Cepat dan Alami

Ketombe atau yang bernama ilmiah pityriasis capitis merupakan pengelupasan kulit mati secara berlebihan pada kulit kepala, jika penderita ketombe merasa gatal di kepala jangan menggaruk secara berlebihan karena akan mengakibatkan kerusakan kulit kepala lebih parah yang pada akhirnya menimbulkan infeksi. Ketombe dapat terjadi pada segala usia, dari anak-anak hingga dewasa.

Penyebab terjadinya ketombe dikarenakan beberapa faktor yaitu hormon yang tidak seimbang, stres, jamur dan bakteri. Untuk mengatasi ketombe banyak sekali yang menggunakan shampo khusus atau pengobatan, tapi apakah cara dan bahan yang digunakan aman, atau tanpa efek samping. kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan ketombe secara alami dan efektif yang bisa anda coba dirumah.

cara-menghilangkan-ketombe

Berikut cara dan bahan alami yang akan kita gunakan untuk mengatasi ketombe yang membandel dengan cepat.

1. Cuka Putih
Cuka putih mampu membersihkan kulit mati yang masih menempel pada kulit kepala yang menjadi salah satu penyebab terjadinya ketombe berlebihan, selain itu cuka putih juga dapat mencegah jamur bersarang pada kulit kepala. Cara penggunaanya adalah campurkan cuka dan air putih hangat (masing-masing 1 cangkir) lalu usapkan kerambut sambil dipijat perlahan selama beberapa menit, bilas dengan air bersih.

2. Garam
Sama halnya dengan cuka putih, garam juga dikenal memiliki khasiat menghilangkan ketombe, kandungan yang dimiliki garam mampu membersihkan permukaan kulit kepala dan bersifat anti bakteri. Cara menggunakannya adalah ambil garam secukupnya dan gosokkan pada kulit kepala anda hingga meresap, lalu bilas dengan shampo.

3. Jeruk Nipis
Selain membuat rambut menjadi lebih kuat dan sehat, jeruk nipis dipercaya mampu mengangkat jamur pada permukaan kulit kepala yang menjadi salah satu faktor terjadinya ketombe. Caranya peras jeruk nipis hingga sebanyak 2 sendok makan, lalu usapkan pada kepala dan pijat selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Lidah buaya
Gel yang terkandung dalam lidah buaya bersifat anti bakteri dan juga mampu menyeimbangkan pertumbuhan sel-sel kulit pada kulit kepala anda, karena tanaman ini memang mempunyai manfaat yang luar biasa, menjadikan lidah buaya menjadi pilihan alternative untuk menghilangkan jerawat dan juga membuat rambut anda tebal dan berwarna hitam mengkilap. Cara penggunaanya adalah potong-potong lidah buaya dan kupas kulitnya, tumbuk daging lidah buaya hingga halus, oleskan pada kulit kepala anda sampai merata dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

5. Baking Soda
Tak hanya mampu membersihkan sel-sel kulit mati pada kepala, baking soda juga dapat membersihkan ketombe yang terjebak pada rambut anda. Caranya campurkan 1 sendok makan baking soda dengan air hangat, oleskan pada kulti kepala, pada awal pemakaian baking soda rambut memang akan terasa kering, tapi kandungan minyak pada rambut akan memulihkan secara alami.


Demikian artikel cara menghilangkan ketombe membandel secara alami, selamat mencoba.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar