Resep Praktis Cara Membuat Donat Empuk

Kue yang berbentuk bulat cincin ini sudah menjadi makanan yang bergitu di gemari dan sangat laris di pasaran, harga yang relatif murah juga rasanya pun tetap terjamin. Saat kita hendak membeli donat di toko kue, pastinya akan merasa bingung, karena donat yang di tawarkan beraneka ragam jenis rasa dan bentuknya, salah satunya donat yang ditaburi dengan bermacam bahan seperti keju, cokelat, kacang, mesis ceres dan lainnya, ada juga donat yang terbuat dari bahan yang menggunakan kentang sebagai bahan dasarnya.

Nah untuk cara membuat donat itu sendiri sangatlah gampang, karena bahan-bahan nya pun praktis dan mudah sekali untuk di dapatkan jadi anda tidak perlu repot-repot mencari bahan khusus sebagai bahan pembuat donat. Untuk mengetahui bagaimana resep dan cara membuat donat yang empuk dan lembut mari kita simak langkah-langkahnya di bawah ini.

cara-mudah-membuat-donat

Bahan
  • 1/2 Kg tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 1/2 bungkus atau 11 gram ragi instan
  • 200 cc air
  • 3 sdm mentega
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 3 sdm susu bubuk dan kental manis

Cara membuat
  1. Kocok tepung terigu bersama telur hingga berbusa dan rata, lalu masukkan mentega, susu, gula dan garam aduk hingga rat.
  2. Campur ragi ke dalam air hingga larut dan merata,  dan masukkan kedalam adonan pertama tadi, tuang sedikit demi sedikit agar adonan menjadi kalis, lalu tutup adonan tersebut selama kurang lebih 20 menit hingga mengembang.
  3. Setelah adonan mengembang, sekarang kita siap untuk mencetak adonan, ambil 1 sdm adonan dan bulatkan dan jangan lupa campurkan dengan tepung terigu agar tidak menjadi lengket.
  4. Untuk hasil yang maksimal, ada baiknya kita diamkan dulu adonan yang telah kita cetak tadi selama 10-15 menit agar adonan benar-benar mengembang.
  5. Panaskan minyak goreng, dan jangan ketinggalan untuk melubangi bagian tengah donat tersebut, lalu goreng menggunakan api kecil.
  6. Jika donat sudah berwarna kuning kecokelatan, angkat.
  7. Setelah agak dingin, olesi donat tersebut dengan mentega, dan taburi dengan bahan sesuai selera anda, misal keju, cokelat atau ceres.
  8. Donat siap disajikan.

Itu tadi bagaimana resep yang praktis dan sederhana cara pembuatan donat, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar