Resep Pancake Tanpa Baking Powder

Siapa yang tidak suka pancake? kue nikmat yang sering disajikan dengan berbagai macam toping semisal cokelat, keju, selai, madu, sirup dan lainnya ini yang menjadi menu untuk sarapan, makan siang atau hidangan penutup favorit bagi masyarakat eropa khususnya. Pancake sendiri memiliki bentuk bulat, tipis dan datar yang membuat kue ini semakin menggugah selera.

Adonan pancake biasanya menggunakan bahan pengembang seperti ragi, baking powder, atau putih telur. Resep pancake bisa di bilang sangat mudah untuk di praktekan, karena anda bisa memvariasikan berbagai bahan pancake sesuai selera. 

Ingin tahu cara membuat pancake sederhana di rumah, berikut resep pancake tanpa baking powder paling mudah dan nikmat yang bisa anda coba untuk di santap bersama keluarga.

cara-membuat-pancake-tanpa-baking-powder

Bahan
  • 100 gram tepung terigu
  • 250 ml susu cair
  • 1 butir telur (pisahkan putih dan kuningnya)
  • Margarin
  • Garam secukupnya

Toping
  • Sebenarnya bahan untuk toping pancake sesuai selera anda, kita bisa menggunakan madu, sirup, cokelat dll. Tapi kali ini kita akan menggunakan madu, karena lebih sehat kandungan gizinya.

Cara membuat
  1. Campurkan tepung terigu, susu, kuning telur dan garam kedalam wadah, aduk hingga rata. Anda juga bisa menggunakan mixer tapi harus menggunakan kecepatan yang paling rendah.
  2. Kocok putih telur menggunakan sendok atau garpu sampai benar-benar kaku.
  3. Kemudian masukkan putih telur tadi ke dalam adonan aduk hingga rata, untuk hasil yang maksimal masukkan putih telur sedikit demi sedikit untuk mendapatkan hasil yang benar-benar rata.
  4. Panaskan teflon dengan api kecil, jangan lupa olesi juga dengan margarin agar tidak lengket. Untuk pengganti teflon anda juga dapat menggunakan wajan.
  5. Tuangkan 1 sendok adonan teflon lalu tutup, bagi yang menggunakan wajan anda harus menuangkan adonan berada ditengah wajan.
  6. Jika adonan sedikit timbul gelembung-gelembung udara dan mengeras dipinggir, balik adonan.
  7. Angkat jika telah matang, pancake yang telah matang memiliki tekstur berwarna kecokelatan dan berpori.
  8. Oles pancake dengan madu diatasnya.
  9. Sajikan selagi hangat.

Itu tadi cara membuat pancake yang enak tanpa baking powder, selamat mencoba.

3 komentar: